Praktikum Konservasi DIII Ilmu Perpustakaan di Pedir Museum


Kunjungan penelitian mahasiwa/I Prodi Diploma III (D3) Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Ar-Raniry disekretariat Bersama MAPESA-CISAH dan PEDIR Museum, di Jln. Bahagia No. 47 Punge Blang Cut, Kota Banda Aceh, Minggu 11 Novemver 2018.
Direktur Pedir Museum, Masykur Syafruddin, bersama Rifky Amrullah sebagai staf yang membidangi preservasi menyambut baik kunjungan mahasiwa tersebut untuk melakukan observasi dan penelitian mengenai konservasi dan preservasi terhadap koleksi Pedir Museum.
Sejumlah mahasiswa belajar tentang preservasi dan konservasi manuskrip pada koleksi yang dikumpulkan oleh Pedir Museum selama 4 tahun terakhir. Tidak hanya sebatas teori mengenai perawatan dan pemeliharaan koleksi, Pedir Museum juga melakukan praktik langsung bersama para mahasiswa dengan merestorasi beberapa lembaran manuskrip mushaf al-Qur’an dengan menggunakan tissue Jepang, yang biasa digunakan untuk memperbaiki manuskrip yang rusak akibat keasaman tinta dan termakan rayap. Kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 10:30- 12.45 Wib.

Selengkapnya di : http://portalsatu.com/read/kampus/mahasiswa-ilmu-perpustakaan-uin-ar-raniry-kajian-ke-pedir-museum-46327?

Foto Kegiatan 











Post a Comment

0 Comments